Gubernur DKI Jakarta Resmikan “Ratangga” Kereta MRT Terbaru

BeritaPengadaan.com-Jakarta (17/12). Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menyampaikan perkembangan terbaru terkait fase 1 MRT Jakarta pada kesempatan peresmian kereta MRT terbaru oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada, Senin (10/12) lalu.

Fase 1 MRT Jakarta, akan disediakan enam belas rangkaian kereta dengan satu rangkaian terdiri dari enam kereta. Satu kereta berkapasitas hingga 200-300 penumpang sehingga satu rangkaian dapat mengangkut 1800 penumpang. Setiap hari kereta MRT Jakarta akan beroperasi melayani masyarakat dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dan diperkirakan akan mengangkut penumpang sebanyak 130 ribu orang per hari. Hingga 25 November 2018 lalu, perkembangan pembangunan proyek MRT Jakarta fase 1 telah mencapai 97,52 persen dan ditargetkan untuk beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

“Seluruh 16 rangkaian kereta MRT Jakarta telah tiba di Depo Lebak Bulus. Pada akhir bulan ini (Desember 2018) akan kita lakukan uji coba operasi di mana masyarakat akan dilibatkan. Tentunya melalui mekanisme yang akan disiapkan oleh Divisi Corporate Secretary, ”kata William.

Terkait penamaan Ratangga, pagi ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas pengindonesiaan 58 istilah asing di sistem moda raya terpadu (mass rapid transit) Jakarta.

Anies menyampaikan pesan dari nama tersebut. Ratangga, berarti kereta perang adalah kata yang berasal dari Bahasa Jawa Kuno dan dicuplik dari kitab Arjuna Wijaya dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Kereta perang identik dengan kekuatan dan pejuang sehingga Ratangga dimaknai sebagai kendaraan tangguh dan kuat yang mengantarkan warga Jakarta dalam mobilitasnya sehari-hari.

“Di sini ada kekuatan dan semangat perjuangan bagi mereka yang akan menggunakan kereta ini yaitu mereka yang akan berjuang dan bekerja untuk Indonesia yang lebih baik, termasuk juga putra-putri Indonesia yang membangun, ”ucap Anies.

“Nama membawa pesan penuh makna. Saya berharap semua fasilitas publik menggunakan istilah yang menyerap akar budaya sejarah kita,” lanjut ia. 

“Dari gagasan pejuang, dilaksanakan oleh putra putri bangsa yang tangguh, hadir monumen baru yang memancarkan semangat kerja keras dan cerdas. Di sini, kata “Ratangga” menemukan personifikasinya! Selamat untuk semua yang terlibat dan memanfaatkannya”

Kalimat tersebut ditorehkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, di spanduk yang memuat gambar kereta dan penjelasan kata “Ratangga” ketika meresmikan nama rangkaian kereta MRT Jakarta pada Senin (10-12-2018) lalu di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Peresmian tersebut dilakukan setelah sebelumnya Gubernur Anies dan rombongan berangkat dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menggunakan kereta MRT Jakarta. Terlihat direksi turut serta dalam rombongan tersebut. (BP/Achin)

(Sumber : https://www.jakartamrt.co.id)

Editor : Achin